Apple Inc. Innovation

Halo orang-orang dari segala penjuru Indonesia! Kali ini saya akan membahas tentang Apple Inc. Selain karena saya suka banget sama buah apel yang selalu saya jadikan santapan di pagi hari, tapi saya juga sudah terlanjur jatuh cinta sama produk-produk si Apple ini. Yang namanya orang udah jatuh, agak susah bangun dong yah. Gak nyambung sih sebetulnya hahaha. Anyway, yuk kita liat kira-kira apa aja sih yang keren dari perusahaan yang dibikin sama abang Steve Job dari tahun 1970 ini!

TEKNOLOGI
Dari segi teknologi, inovasi dan penemuan yang dilakukan Apple jelas luar biasa banyak. Salah satunya adalah dengan titel Apple yang sudah dikenal sebagai pemrakarsa ide home computer dengan lahirnya Apple I di awal berdirinya perusahaan mereka yang terus berkembang hingga Apple III, Lisa dan sekarang yang kita lebih kita kenal dengan iMac.

Mac Evolution

Mac Evolution from time to time

PROSES
Di dalam proses dalam mendisain produk apple itu sendiri, tahukah kamu kalo Steve Jobs gak pernah melakukan market research sebelumnya? Dia bilang “We do no market research”. Lantas apa yang beliau lakukan? Untuk membuat major product mereka, Steve Jobs cukup membentuk satu tim kecil yang terdiri sekitar 20 orang terus semua desain Apple itu tergantung dari persepsi tim tersebut dan apa yang menurut mereka keren aja. Dan proses produksi ini emang ternyata efektif lho bok diliat dari desain desain mereka yang super keren!

iPod Design

PRODUCT AND SERVICES
iPhone merupakan salah satu produk inovasi yang menonjol dari Apple. Pada saat itu, dimana lagi marak-maraknya game portable seperti PSP dan Nintendo, Apple mengeluarkan iTouch yang tidak hanya menjual “fun” dari segi musik saja, namun juga menawarkan berbagai aplikasi games dan fitur lainnya yang cocok bagi segala umur. Dari sana, lalu lahirlah iPhone, atau bisa juga kita definisikan sebagai iTouch yang bisa menelfon. Jadi si iPhone ini, bukan hanya bisa menelfon saja, tapi juga gabungan dari games-games asik, iPod, dan internet yang bisa diakses dari mana-mana. Canggih ya?

iPhone 4

BUSINESS MODEL
Nah, bagi Apple user, pasti udah gak asing lagi deh sama yang namanya iTunes! Si iTunes ini menurut saya merupakan inovasi model bisnis yang super jenius. Dimana, kalo setiap Apple user yang butuh aplikasi, entah lagu, movie, games, ataupun program-program asik lainnya yang bisa compatible dengan Mac, tinggal klik aja lho disana. Yang paling keren lagi buat saya, abang Jobs bisa menjual lagu atau MP3 secara legal dan kerasa murah karena jualnya satu-satu perlagu. Sebetulnya mungkin kalo dibandingin sama harga per CD sama aja, misalnya 1 CD ada 10 lagu harganya 10 dollar, nah kalo di iTunes, harga lagunya 1 dollar doang. Selain itu, banyak juga yang free! Jadi ini asik banget buat yang dengerin bisa milih kalo emang mau dengerin singlenya doang atau full CD. Dan ini juga fair buat penyanyinya dapet duit, Applenya juga untung dengan effortless.

iTunes Music Store in Poundsterling

Jadi kesimpulannya, dari dulu Apple emang udah terkenal dengan kreativitasnya di berbagai bidang inovasi, mulai dari teknologi, proses, produk dan pelayanan, dan juga model bisnisnya! Two thumbs up banget deh buat Apple! 😀

Advertisements

2 Comments on “Apple Inc. Innovation”

  1. Laurentius Radit N. says:

    Steve Jobs! Good Job!

  2. Marcell C. says:

    saya juga penggemar berat Apple! Nice analysis!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s