Sehat Semua, Semua Sehat


Di siang hari yang tidak terlalu bolong, alkisah ada seorang panglima perang sedang jalan-jalan dengan menunggang kuda dan kelima anjingnya di tengah hutan. Lalu, ketika panglima itu sedang makan pisang dengan asiknya, tiba-tiba ia mendengar suara merdu dari kejauhan. Perlahan-lahan, ia mengendap-ngendap bersama kudanya yang bernama Batman mencari sumber suara tersebut. Karena takut ketahuan, akhirnya panglima tersebut menaruh Batman si kuda betina di dekat sebuah pohon besar dan iapun terus berjalan, pelan-pelan dengan penuh penasaran, siapa gerangan wanita yang memiliki suara seindah itu.

Ketika suara itu semakin dekat, dibalik semak-semak, panglima itu melihat keadaan di sekitarnya. Dimana terdapat danau tanpa ujung yang dikeliling rumput liar. Ketika itulah, matanya bertemu dengan sesosok bidadari bersarung hijau. Ya, dia adalah seorang putri duyung berambut merah dan berdada kerang! Saat itu juga si langsung jatuh hati. Tidak hanya kepada suaranya yang menyentuh kalbu, tetapi juga kepada parasnya yang luar biasa cantik bagaikan putri tanpa kaki.

Lalu ia mencari akal, bagaimana caranya untuk mendekati putri duyung tersebut. Ia pun mulai memutar otak, sambil mengobok-obok isi tasnya. Di dalam tasnya ternyata terdapat hanya terdapat dua benda, 1 buah apel sisa dari perbekalannya, dan satu lagi spidol yang ia bawa untuk mencoret-coret hutan dan pohon-pohon dengan lambang asmoro, simbol keperkasaan dan kebesaran hatinya.

Ia bingung, kira-kira yang mana yah barang yang akan diberikannya kepada si Putri Duyung Juara Renang ini? Kegalauannya memberikan sinyal-sinyal kepada alam semesta yang ternyata sinyal tersebut ditangkap oleh si Peri Bulan yang suka menolong. Melihat kebimbangan sang panglima, Peri Bulan pun berinisiatif memberikan sihir mejiknya dengan menaburkan bubuk bubuk emas berkilauan kepada apel dan spidol tersebut lalu tak lama kemudian langsung terdengar bunyi “cring cring cring” tanda keajaiban tiba.

Apakah panglima sadar bahwa ia dibantu oleh Peri Bulan? Tentu saja tidak. Ia hanya bisa kaget tiba-tiba apel di tangan kanannya, dan spidol di tangan kirinya bisa bergerak dan menggeliat-geliat sendiri. Peri Bulan memang selalu bekerja dengan cara yang misterius. Setelah menggeliat-geliat asik, kedua benda itu sekarang memiliki mulut! Dan langsung lah mereka berceloteh ria sebelum panglima tersebut dapat berpikir sedikitpun. Penasaran kan sama celotehnya? Yuk kita simak dan nguping sama-sama!

Apel : Hai Panglima Ganteng! Kamu lagi bingung ya?

Spidol : Eh ga usah ditanya udah keliatan tau mukanya galau gitu

Apel : Ih aku kan orangnya perhatian dan penuh empati, week

Spidol : Idih gitu aja bangga. Cuh. (sambil monyong lalu memalingkan muka)

Apel : Bodo. Eh iya, panglima lagi bingung yah mau ngasih apa buat ngedeketin mbak mbak rambut merah itu? (sambil ngeliat ke arah panglima) Pilih aku aja lagi. Aku kan keren. Nanti Panglima bisa makan aku bareng si mbak-rambut-merah itu. Romantis kan kan. Apalagi kalo makan aku, panglima sama mbak-mbak itu kan bisa sehat, terus panjang umur, terus awet deh barengan terus sampe jadi nenek-nenek sama kakek-kakek. Daripada milih dia (sambil ngelirik ke si spidol), gak asik dia orangnya. Bentuknya cungkring, kayak belalang sembah.

Spidol : EEEEH Yey jangan sembarangan yah bok kalo ngomong. Jangan panglima, panglima pake aku aja. Aku bisa dipake buat nulis surat cinta buat ngegombalin si eneng-duyung-sarong-ijo itu. Pasti si eneng jadi klepek klepek deh. Nanti panglima pasti gak cuma dapetin hatinya, tapi dia pasti juga gak bisa berenti mikirin panglima! Terus panglima kan jenius, nanti panglima bisa pake aku untuk ngajarin warga hutan lainnya, secara aku kan tebel gitu lho kalo dipake buat nulis, jadi yang baca bisa banyak orang, panglima tambah terkenal dan beken karena kejeniusan panglima! Nah, nanti dia tambah kepincut lho, soalnya buat cewek kan kalo cowok itu yang seksi otaknya. Hihi. Buat apa sehat badannya, tapi kalo gak sehat pikiran dan hatinya? kalo ada aku kan panglima bisa bikin si eneng jadi sehat hatinya karena seneng terus, dan juga menyehatkan pikiran karena jadi pinter! (senyum senyum bangga)

Setelah mendengarkan pembicaraan kedua benda tersebut, si panglima pun berpikir, kalau dua-duanya bisa menyehatkan, kenapa harus memilih salah satu? Dengan akal jeniusnya, ia pun melubangi bagian tengah buah apel tersebut, dan menaruh spidol itu ke dalamnya. Sehingga dengan demikian ia berharap bisa membuat si Putri Duyung sehat secara jasmani dan rohani.

Pada saat ia berjalan mendekati si Putri Duyung, ternyata pucuk dicinta ulampun tiba, ya, putri duyung itu sedang sakit kepala. Sehingga tidak bisa berpikir dan ia menjadi meriang karena terlalu banyak berenang. Malu-malu panglima mendekati Putri Duyung, dan mereka pun berkenalan. Belum lama mereka bercengkrama, tiba-tiba, datang seorang Raja Duyung membawa garpu raksasa, ternyata beliau merupakan ayah dari Putri Duyung. Beliau sangat geram melihat panglima berdekatan dengan putri satu-satunya yang berambut merah itu.

“Siapa kamu berani-beraninya mendekati putriku?” kata baginda raja dengan lantang.

“Saya cuma panglima baginda raja, yang mempunyai spidol dan apel, yang bisa menyehatkan badan Putri anda dan juga menyehatkan pikiran Putri Anda” Panglima pun menjawab dengan sedikit takut.

“Wuah kamu mahkluk jenius. Baik aku restui engkau dengan putriku, buatlah dia sehat dan juga pintar karena dia yang akan meneruskan kerajaan lautku”

“Baik baginda, akan saya jaga baik-baik Putri anda sampai pantai memisahkan kami berdua”

Dan mereka pun menikah, dan memiliki anak yang pandai berenang dan sekaligus berkuda. Ketika beranjak dewasa, anak tersebut menjadi seorang pengusaha apel yang terkenal di pelosok dunia, karena bakat pemasaran yang diturunkan ayahnya, yaitu, beli apel gratis spidol.


Apple Inc. Innovation

Halo orang-orang dari segala penjuru Indonesia! Kali ini saya akan membahas tentang Apple Inc. Selain karena saya suka banget sama buah apel yang selalu saya jadikan santapan di pagi hari, tapi saya juga sudah terlanjur jatuh cinta sama produk-produk si Apple ini. Yang namanya orang udah jatuh, agak susah bangun dong yah. Gak nyambung sih sebetulnya hahaha. Anyway, yuk kita liat kira-kira apa aja sih yang keren dari perusahaan yang dibikin sama abang Steve Job dari tahun 1970 ini!

TEKNOLOGI
Dari segi teknologi, inovasi dan penemuan yang dilakukan Apple jelas luar biasa banyak. Salah satunya adalah dengan titel Apple yang sudah dikenal sebagai pemrakarsa ide home computer dengan lahirnya Apple I di awal berdirinya perusahaan mereka yang terus berkembang hingga Apple III, Lisa dan sekarang yang kita lebih kita kenal dengan iMac.

Mac Evolution

Mac Evolution from time to time

PROSES
Di dalam proses dalam mendisain produk apple itu sendiri, tahukah kamu kalo Steve Jobs gak pernah melakukan market research sebelumnya? Dia bilang “We do no market research”. Lantas apa yang beliau lakukan? Untuk membuat major product mereka, Steve Jobs cukup membentuk satu tim kecil yang terdiri sekitar 20 orang terus semua desain Apple itu tergantung dari persepsi tim tersebut dan apa yang menurut mereka keren aja. Dan proses produksi ini emang ternyata efektif lho bok diliat dari desain desain mereka yang super keren!

iPod Design

PRODUCT AND SERVICES
iPhone merupakan salah satu produk inovasi yang menonjol dari Apple. Pada saat itu, dimana lagi marak-maraknya game portable seperti PSP dan Nintendo, Apple mengeluarkan iTouch yang tidak hanya menjual “fun” dari segi musik saja, namun juga menawarkan berbagai aplikasi games dan fitur lainnya yang cocok bagi segala umur. Dari sana, lalu lahirlah iPhone, atau bisa juga kita definisikan sebagai iTouch yang bisa menelfon. Jadi si iPhone ini, bukan hanya bisa menelfon saja, tapi juga gabungan dari games-games asik, iPod, dan internet yang bisa diakses dari mana-mana. Canggih ya?

iPhone 4

BUSINESS MODEL
Nah, bagi Apple user, pasti udah gak asing lagi deh sama yang namanya iTunes! Si iTunes ini menurut saya merupakan inovasi model bisnis yang super jenius. Dimana, kalo setiap Apple user yang butuh aplikasi, entah lagu, movie, games, ataupun program-program asik lainnya yang bisa compatible dengan Mac, tinggal klik aja lho disana. Yang paling keren lagi buat saya, abang Jobs bisa menjual lagu atau MP3 secara legal dan kerasa murah karena jualnya satu-satu perlagu. Sebetulnya mungkin kalo dibandingin sama harga per CD sama aja, misalnya 1 CD ada 10 lagu harganya 10 dollar, nah kalo di iTunes, harga lagunya 1 dollar doang. Selain itu, banyak juga yang free! Jadi ini asik banget buat yang dengerin bisa milih kalo emang mau dengerin singlenya doang atau full CD. Dan ini juga fair buat penyanyinya dapet duit, Applenya juga untung dengan effortless.

iTunes Music Store in Poundsterling

Jadi kesimpulannya, dari dulu Apple emang udah terkenal dengan kreativitasnya di berbagai bidang inovasi, mulai dari teknologi, proses, produk dan pelayanan, dan juga model bisnisnya! Two thumbs up banget deh buat Apple! 😀


Most important innovations in my IMAGINATION

Mau tau kira2 innovasi yang paling keren di imajinasi saya? Sila tonton video berikut ini!


#3 Creativity and Innovation

Hello hello semuanya! sebelum kita ngomongin lebih jauh tentang apa sih itu creativity and innovation, mending kita nonton dulu yuk video super keren yang satu ini! yes yes, check this out guys! 😉

Naaaah, setelah menyimak baik-baik video diatas (itu saya lhoo artisnya! hihi mirip dian sastro yaaaa hihihi), nah bisa kita simpulkan, kalo kreativitas itu berbicara tentang membuat sesuatu, dan kalo inovasi itu memperbaharui sesuatu. Misalnya di film AADC, kalo Rangga itu yang kreatif, soalnya doi yang bikin puisi, tapi inovatornya itu si Cinta, soalnya puisinya rangga dibikin jadi lagu baru, jadi ada melodinya, bukan cuma sederet kata-kata aja.

Jadi, biar gampang, inget aja kalo Rangga itu kreator, kalo Cinta itu innovator! gampang kan? 😉


#2 Senjata

Tahukah kamu? Bahwa sekitar 28,890% dari populasi manusia di seluruh dunia menderita penyakit mental yang disebut dengan inguskeringius phobia? Coba bayangkan, berdasarkan data yang saya ambil dari Wikinyadia bahwa total populasi masyarakat dunia sudah mencapai 6,898,300,001. Jika dikalikan 28,890% saja sudah membuktikan bahwa memang cukup banyak orang yang menderita inguskeringius phobia ini.

APA ITU INGUSKERINGIUS PHOBIA?

Inguskeringius phobia adalah sebuah penyakit kejiwaan akan takut berlebihan terhadap ingus kering, atau bahasa ilmiahnya, Upil.

BEBERAPA FAKTA TENTANG INGUSKERINGIUS PHOBIA
1. Ternyata 2 dari 3 penderita inguskeringius phobia memiliki kecendrungan untuk bertindak agresif atau menyerang orang lain.

2. 2 dari 3 pencopet tanah abang menderita inguskeringius phobia

3. Penderita inguskeringius phobia bisa langsung kejang-kejang dan muntah darah ketika melihat ingus kering atau Upil.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, dengan segala insting kejeniusan yang saya miliki, bisa saya simpulkan bahwa UPIL bisa menjadi salah satu senjata yang paling ampuh jika suatu saat nanti anda ditodong atau mau dibunuh orang. Berikut saya berikan tips tips ampuh dalam menggunakan upil sebagai senjata anda :

1. Angkat jari telunjuk kiri ke arah muka anda seakan-akan ada upil raksasa yang sudah menunggu untuk anda korek lebih dalam.
2. Jika si pencopet tiba-tiba menunjukkan tanda-tanda bahwa hidungnya mulai cenat-cenut, dan kupingnya mulai kejang-kejang, berarti dia adalah salah satu dari 2 pencopet yang ada di tanah abang (baca klausal 2 tentang fakta inguskeringius phobia)
3. Mulailah bersikap menggertak dengan berteriak lantang “EH BERANI-BERANI SAMA GUA, GUA KASIH UPIL LO”. dijamin dia bakal lari pontang-panting sebelum muntah darah.
4. Banyak-banyaklah menghisap debu dan polusi karena ini akan meningkatkan pertahanan anda.
5. Jika ternyata pencopet anda bukan inguskeringius phobia, cobalah anda meraung dan teriak sekeras-kerasnya seperti di sinetron yang ada di tipi-tipi jaman sekarang. Tarik perhatian masa sebanyak mungkin, ajak mereka mengupil bersama-sama, satukan kekuatan upil kalian, lalu coba saja buktikan sendiri hasilnya.

Sekian informasi yang sangat informatif dari saya. Tunggu post-post jenius saya berikutnya.


#1. Beberapa arti nama

Berdasarkan beberapa research yang saya lakukan selama beberapa tahun belakangan, saya berhasil membuktikan sebuah hipotesis yang hasilnya bisa menjadi ujung tombak luar biasa bagi dunia pendidikan Indonesia, yaitu bahwa “cute (imut) berbanding lurus dengan jenius“. Salah satu yang membuktikan teori ini adalah asal muasal nama saya. Ternyata benar jika arti nama saya hampir semuanya berbicara tentang cuteness (keimutan – noun, bukan adjective), dan diperkuat lagi dengan fakta bahwa hidup saya tidak pernah jauh dari jenius. Di bawah ini akan saya berikan penggalan dari hasil research saya tentang beberapa arti nama-nama, siapa tahu berguna untuk orang yang memiliki nama-nama mirip dengan nama-nama yang saya sebutkan ini. Berikut rinciannya :

Nama : Augustine Merriska
Arti : Anak yang cute, wangi, dan takut air yang lahir di bulan Agustus.

Nama : Sebastian Prayudi
Arti : Anak yang tidak cute-cute amat meskipun kakaknya cute, lumayan wangi, tidak takut air, dan tidak lahir di bulan Agustus.

Nama : Laurentius Radit Nindito
Arti : Anak yang beruntung karena memiliki pacar yang cute.

Sebagai kesimpulan, semakin arti nama anda cute, semakin jenius lah anda. Jika nama anda tidak memiliki ke-cute-an sama sekali, bertemanlah dengan orang-orang cute, meskipun anda tidak akan sejenius mereka, tapi berdasarkan apa yang saya baca dari salah satu jurnal di Harvard Business Review, bahwa jenius itu menular.

Demikianlah post pertama saya. Semoga bermanfaat.